0274-563929 ext 223, 222 akademik.mm@staff.ukdw.ac.id

Man. Gereja dan Ministri

PERLUNYA MANAJEMEN GEREJA

Tantangan besar yang dihadapi Gereja dan Lembaga Kristiani saat ini adalah kegamangan dalam menghadapi arus kemajuan teknologi digital, ketidak-pastian perubahan lingkungan sekitar, serta dinamika sosial-budaya. Di lain sisi, banyak aktivis dan pemimpin gereja yang tidak dibekali dengan kemampuan manajerial yang memadai dalam pengelolaan gereja. Program ini ditujukan untuk membekali para pengambil keputusan gereja seperti penatua, diaken, aktivis gereja, pengurus komisi, pengurus yayasan, dan staf kantor gereja dalam menurunkan visi, misi dan tujuan gereja ke dalam program-program yang kreatif dan inovatif, menyiapkan transformasi kepemimpinan, menilai dan menginventarisir aset gereja, mengelola hubungan dengan jemaat, serta mengatur jobdesc dan jobspec SDM gereja.

Fakultas Bisnis menyelenggarakan program Magister Manajemen (MM) bidang minat Manajemen Gereja dengan komitmen memberikan proses pembelajaran yang inovatif dan bermutu untuk mentransformasi gereja dalam beradaptasi dengan dinamika jaman. Program ini didukung oleh dosen Teologi (sebagai dosen tamu) dan Manajemen UKDW serta para praktisi yang telah berpengalaman di bidang pelayanan gerejawi.

PERIODE PERKULIAHAN

Program Magister Manajemen (MM) bidang minat Manajemen Gereja menyelenggarakan proses perkuliahan dengan sistem Blok
  • Senin – Jumat: pkl. 09.00 – 13.00Proses perkuliahan menesuaikan dengan dinamika kelas
Proses perkuliahan MM dibagi dalam 4 (empat) term:
  • Term I : September – Desmber
  • Term II :Januari – Juni
  • Term III : Juli – Agustus
  • Term IV : September berupa kegiatan Internship (di Gereja/Lembaga Kristiani) dan penulisan Tesis
Secara keseluruhan, program MM bisa ditempuh selama 16 (enam belas) bulan

KURIKULUM DAN MATA KULIAH bidang minat MANAJEMEN GEREJA

Term IV : Lanjutan Penulisan Tesis (yang sudah bisa dimulai di Term III dengan kondisi tertentu)

DESKRIPSI SINGKAT MATA KULIAH

  1. Manajemen SDM 
Mata kuliah ini membahas kegiatan pengelolaan SDM di gereja, sehingga dapat memiliki pemahaman dan analisis yang memadai tentang permasalahan SDM di gereja; pokok bahasan meliputi rekrutmen pengurus dan aktivis gereja, kajian tentang motivasi, pengelolaan konflik, membina team-work, manajemen stres, kegiatan promosi dan rotasi SDM, strategi untuk problem solving, serta kepemimpinan dalam gereja.
  1. Manajemen Keuangan 
Mata kuliah membahas pemahaman, penguasaan, dan penerapan prinsip-prinsip manajemen keuangan (investasi dan pendanaan) pada gereja. Pokok bahasan meliputi perencanaan, penyusunan, serta penata-usahaan Anggaran gereja, pelaporan dan pertanggung-jawaban keuangan gereja, studi kelayakan keuangan, dan perencanaan pendanaan (Fundraising Plan).
  1. Manajemen Pemasaran 
Mata kuliah ini membahas kegiatan pemasaran modern dengan penekanan pada analisis lingkungan pemasaran, strategi branding yang efektif, serta penyusunan strategi pemasaran (segmentasi-targeing-positioning) dan bauran pemasaran (product, price, place dan promotion) yang diterapkan dalam kegiatan pelayanan (jasa) di gereja atau dalam rangka kegiatan pemberdayaan ekonomi jemaat sebagai profesional atau wirausahawan.
  1. Metode Penelitian 
Mata kuliah ini membahas dasar-dasar tahapan dan proses penelitian ilmiah, baik menggunakan metode kualitatif atau metode kuantitatif, untuk mengidentifikasi dan menjawab permasalahan di gereja dan jemaat. Pokok bahasan meliputi tahapan riset ilmiah, teknik sampling, cara pengambilan data riset, alat-alat analisis data riset, serta penyusunan laporan riset (untuk pembuatan Tesis).
  1. Etika Bisnis
Mata kuliah ini mempelajari kepemimpinan dari perspektif etika Kristen berlandaskan pada sumber-sumber etika teologis Kristen sebagaimana terdapat dalam Alkitab, tradisi gereja, pengalaman komunitas Kristen, dan perkembangan ilmu pengetahuan. Pokok bahasan mencakup hakikat, unsur-unsur, dan aspek-aspek kepemimpinan; model-model kepemimpinan; spiritualitas dan karakter pemimpin dalam teks-teks Alkitab; isu-isu moral sehubungan dengan kepemimpinan; serta kepemimpinan dalam konteks menghadapi radikalisme, fundamentalisme, dan eksklusifisme keagamaan.
  1. Manajemen Strategik 
Mata kuliah akan membahas Analisis SWOT pada Gereja, seperti dinamika politik, kemajuan teknologi, dan dinamika sosial; hasil analisis akan dikembangkan pada penyusunan visi, misi, penyusunan program gereja, penyusunan struktur organisasi, pengukuran kinerja dan laporan pertanggung-jawaban.

7. Manajemen Aset dan Arsip Gereja

Setelah menyelesaikan kuliah Manajemen Aset Gereja ini, para peserta diharapkan akan memiliki kompetensi dalam mempersiapkan baik secara teknis maupun administratif semua hal yang menyangkut kegiatan manajemen aset Gereja. Kompetensi Manajemen Aset Gereja meliputi pemahaman, penguasaan, dan penerapan tentang prinsip-prinsip Manajemen Aset Gereja, Struktur pengelolaan Aset dan tupoksinya, inventarisasi dan pemetaan aset (penatausahaan Aset), evaluasi pemanfaat aset dan hasilnya, optimalisasi pemanfaatan aset, dan penyusunan model perjanjian pemanfaatan Aset Gereja

8. Strategi Pengembangan Jemaat

Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, peserta dapat merespon triple disruption (digital, milenial, dan pandemi) sebagai proses pembentukan Tuhan atas organisasi/gereja, dengan cara mengaplikasikan managemen strategik untuk mengembangkan jemaat secara integratif dalam rangka mencapai kondisi normal yang lebih baik secara. Dengan demikian misi, visi, dan nilai luhur organisasi/gereja dapat dihayati dan dihidupi dengan cara yang terus-menerus diperbaharui dalam konteks disrupsi menurut penyediaan Allah yang tidak terbatas.

9. Pembangunan Ekonomi Jemaat

Pembangunan Ekonomi Jemaat Memberikan wawasan tentang pembangunan ekonomi seperti kemiskinan, kesenjangan ekonomi, sustainable development goals, pembangunan UMKM, korupsi dan topik ekonomi masyarakat lain yang relevan.

10. Disrupsi dan Inovasi Bisnis

Revolusi Industri 4.0 dan Pandemi Covid-19 adalah dua disrupsi yang mengubah secara fundamental cara hidup manusia. Peran teknologi Digital yang semakin besar telah mempengaruhi cara kerja banyak organisasi, termasuk Gereja. Menjadi adaptif dan terus berinovasi adalah satu-satunya cara agar organisasi, termasuk Gereja, terus eksis dan berkembang.

STAF PENGAJAR

Dosen:
Wahju Satria Wibowo, Ph.D (Vrije University)
Yahya Wijaya, Ph.D (Leeds University
Erni Ekawati, M.SA, Ph. D (Kent State University)
Dr. Heru Kristanto, MIT (Universitas Gadjah Mada)
Dr. Murti Lestari, M.Si (Universitas Gadjah Mada)
Dr. Perminas Pangeran, M.M (Universitas Gadjah Mada)
Dr. Singgih Santoso, M.M (Universitas Gadjah Mada)
Dr. Andreas Ari Sukoco, M.M (Universitas Gadjah Mada)
Sisnuhadi, MBA, Ph.D (Universiti Malaysia Serawak
Praktisi

para Hamba Tuhan, Staff senior Gereja dll.

×